Cara Mengatasi Android Di Cas Malah Baterai Berkurang

Cara Mengatasi Android Di Cas Malah Baterai Berkurang
Cara Mengatasi Android Di Cas Malah Baterai Berkurang – Penyebab android tidak dapat di cas di pengaruhi banyak hal terkadang kita terburu-buru membeli baterai ataupun carger baru karena beranggapan faktor yang menyebabkan smartphone android tidak dapat di cas adalah baterai ataupun cargernya. Padahal belum tentu carger atau baterai smartphone kalian yang rusak. Jika android di cas tidak penuh-penuh , terus bagaimana cara mengatasinya agar ponsel dapat charge dan baterai dapat terisi....Masalah baterai tidak penuh-penuh saat di cas hal ini memang sering kita alami. Saat sudah lama dicas dayanya tidak pernah bertambah malah berkurang. Memang ada beberapa kasus yang terjadi penyebab baterai android dicas malah berkurang  bersumber dari charger atau baterai pada ponsel android. Tetapi bisa jadi faktor lain yang menyebabkan baterai berkurang saat dicas. Jangankan penuh nambah sedikitpun tidak padahal sudah terlalu lama di cas. Untuk yang seperti ini yang pernah saya temukan penyebabnya adalah pada charger , bisa jadi karena rusak atau ada penyebab lain yang membuat charger rusak.
"Cas"
Baca juga:
Atasi hedset android mati
Cara atasi gagal flash


Tahapan yang harus dilakukan jika Android di cas malah berkurang.
1.Saat di cas daya baterai tidak bertambah, coba ganti dengan charger yang lain lalu perhatikan apakah daya baterai bertambah.Jika ternyata baterai bertambah, jelas masalah tersebut ada pada chargernya.

2.Segera ganti dengan charger yang baru. Tetapi masalah seperti pada lubang port dapat juga menjadi penyebab daya baterai tidak bertambah malah berkurang pada saat di cas. Biasanya lubang port kotor terganjal sesuatu dan lain lain periksa dan bersihkan lubang port menggunakan cairan seperti minyak kayu putih dan lakukan dengan hati-hati agar cairan tersebut tidak mengenai komponen lain.

Sebelum memastikan pengisian ponsel  tidak bisa karena android rusak, ada baiknya periksa dengan teliti chargernya dibawah ini tips cara cek kondisi charger android:

1.Coba charger kalian gunakan untuk mengecas pada ponsel lain, begitupun sebaliknya charger lain untuk mengecas android kalian, dengan begitu kalian dapat memastikan bahwa ponsel kalian masih bagus atau ada yang rusak.

2.Periksa baterai ponsel jika baterai  kembung ganti dengan baterai lain yang masih bagus dan lakukan isi ulang baterainya menggunakan charger yang masih normal, karena tak jarang pengisian ulang tidak dapat dilakukan karena baterai yang sudah jelek apalagi kembung.

3.Lakukan pengujian pada ponsel jika pada layar  muncul pesan “Not Charging”atau pada saat mengisi baterai terdapat indikator berjalan tetapi baterai tidak bertambah, atau pada saat mengisi baterai atau cas indikator baterai pada layar ponsel diam saja maka ini dapat dipastikan kerusakan terjadi pada IC Charger, solusinya adalah ganti IC Charger dengan yang baru atau bawalah kepada service ponsel terdekat.

Ada 2 faktor yang menyebabkan charger ponsel rusak.

  • sering menggulung kabel charger
  • Tidak mencabut charger pada saat tidak sedang digunakan.

4.Android selesai di cas atau  isi ulang dan Baterai Penuh tetapi indikator pada layar lcd tetap jalan terus. Kerusakan ini terjadi pada Ic Powernya. Maka Gantilah dengan yang baru atau bawa ketukang service ponsel.

5.Android tidak dalam sedang di cas namun indikator pada layar lcd jalan terus, berarti kerusakan pada Softwharenya, Lakukan Instal Ulang OS android atau Flash dengan versi yang lama. Android setiap kali akan dicas selalu mati maka IC Charger dan Ic Power rusak, lakukan pengecekan pada kedua IC tersebut setelah itu diganti. Bawalah ke tukang service ponsel jika belum pernah melakukan penggantian sendiri.

6.Setelah mengisi ulang (cas) dengan charger ada kebocoran listrik sebelum tombol power ditekan On, Setelah dihidupkan android tidak mau nyala ini bisa disebabkan pada kebocoran pada kapasitor power suplai, kerusakanya tetap pada Ic Power, UI,PA yang tentunya terhubung dengan tegangan baterai VBATT, unit-unit yang rusak dalam hal ini dapat menimbulkan masalah terhadap IC Power. Solusinya adalah dengan mengganti IC tersebut dengan yang baru.

7.Ketika sedang mengisi ulang baterai android, kemudian tekan tombol ON, tetapi android tidak mau menyala, tidak ada arus listrik yang masuk kedalam ponsel , maka harus dilakukan pengecekan pada R224 jika kedua ujung tidak memiliki tegangan VBAT 3,2V berarti IC Power rusak. Lakukan pemanasan atau penyolderan ulang atau ganti IC Power. Bawalah ke Service Ponsel terdekat jika belum pernah melakukan penggantian Ic tersebut.

Demikian Ulasan kali ini Cara Mengatasi Android  Di Cas malah Baterai Berkurang,  Namun sebelum malakukan penggantian IC nya langkah yang harus dilakukan adalah Flash Ulang  android untuk panduan dan caranya silahkan

Baca juga :
Cara Flash HP Oppo 
Cara Flash HP Samsung