Tips Dan Cara Mengganti IC EMMC

Tips Dan Cara Mengganti IC EMMC
Tips Dan Cara Mengganti IC EMMC. Memang saat sekarang ini pengguna android banyak sekali yang mengeluhkan mahalnya harga penggantian emmc pada android mereka yang rusak, hingga membuat tak sedikit dari pengguna android yang berfikir untuk melakukan penggantian emmc sendiri. Harga IC emmc sebenarnya tidak terlalu mahal, hanya berkisar antara 100 hingga 200 ribu rupiah saja. Namun bagaimana cara mengganti emmc pada android dan mengapa penggantian emmc di tukang servis HP bisa mencapai 400 hingga 700 ribu rupiah tentu itu mahal. Dan pada  kesempatan yang baik kali ini saya akan menjelaskan proses penggantian emmc pada HP android. Untuk  kalian yang ingin mencoba melakukan penggantian unit IC emmc sendiri tentu tidak hanya cukup dengan hanya  menggunakan penjelasan yang akan sampaikan nanti. Karena untuk  mengganti IC  emmc membutuhkan peralatan yang khusus dan juga keahlian yang khusus pula. Namun tidak ada masalah jika kalian mempunyai cukup uang untuk modal. Akan tetapi tidak hanya modal peralatan saja namun modal pengetahuan dan juga keterampilan di bidang elektronika khususnya cara menggunakan perlatan - peralatan yang modern.
"Mengganti"
Nah disini akan kami akan memberikan peralatan apa saja yang harus kita persiapkan untuk melakukan penggantian IC emmc pada HP android.  Namun Jangan kaget  jika ternyata nanti ada satu atau dua alat yang kalian benar benar tidak tau dan belum pernah mendengar apa lagi melihat alat atau tool yang kami maksud. tetapi kalian bisa mencari tau bentuk fisik dari tool atau alat  yang akan kami jelaskan di bawah.  Baiklah untuk yang pertama kita bahas dulu peralatan yang di butuhkan :

1. obeng untuk membuka casing dan motherbord hape kalian.

2.Pemanas untuk melepas emmc dari motherboard. Karena kaki emmc berupa BGA kali IC yang berada di permukaan bawah IC . Cara melepasnya pun harus dengan peralatan khusus, tidak bisa menggunakan solder biasa yang punya ujung runcing. Tapi kalian butuh solder uap atau yang sering di sebut blower, atau yang modern kalian bisa menggunakan BGA rework. Kalian bisa membeli kedua alat ini di toko peralatan service komputer, harga untuk 1 unit solder uap berkisar antara 300 hingga 600 ribu rupiah, Sedang untuk BGA rework bisa kalian beli dengan kisaran harga 8 juta rupiah untuk yang sederhana. BGA rework memang mahal karena sudah menggunakan teknologi laser sebagai pemanas.

3.Perlengkapan pendukung lain seperti timah solder cair ( flux ) pasta dan kuas.

4.Dan yang tidak kalah penting, kalian harus mempersiapkan alat untuk mengisi data pada emmc. Karena seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa emmc berisi data data, maka ketika kita mengganti emmc harus di isi data yang sama dengan emmc sebelumnya, karena emmc yang baru kita beli masih dalam kondisi kosong. Ketika kita pasang dalam kondisi kosong hape tidak akan bisa berkerja atau bahkan tidak bisa di nyalakan. Alat untuk mengisi data pada emmc sangat banyak, kalian bisa menggunakan RIF, JTag, Volcano dan alat donggel lain untuk memasukan data yang berupa firmware. Biasanya file firmware ini ber extensi .bin dan di dapat dari Copy atau dumping dari emmc sejenis dari handphone yang masih sehat. Harga alat untuk memasukan firmware seperti yang saya sebutkan tadi berkisar antara satu hingga 3 juta rupiah.
  
Kunjungi juga:

Kali ini kita lanjutkan ke proses atau urutan yang harus kita lakukan untuk mengganti emmc lama dengan yang baru;

1.Siapkan emmc yang sudah terisi data data yang sama dengan dengan data pada emmc lama kalian dengan cara meng-copy file dumping dari emmc lama yang masih sehat ke emmc baru dengan bantuan alat yang saya sebutkan pada nomer 4 di atas.

2.Lepaskan emmc lama yang rusak menggunakan blower atau BGA rework, cara menggunakanya pasti ada dalam buku petunjuk pada saat kalain membeli tools tersebut. Dan lanjutkan dengan membersihkan sisa timah yang masih menempel pada motherboard atau pada papan hape hingga bersih menggunakan kuas atau penyedot timah.

3.Inilah proses yang paling sulit dan butuh ketelitian, pada poin ini kita harus membuat kaki baru pada emmc yang akan di pasang, Karena IC BGA juga membutuhkan kaki agar bisa di pasang pada motherboard, dan kaki BGA belum ada saat kita membeli emmc, jadi kita harus bikin sendiri. Caranya cari cetakan kaki yang bentuk dan posisinya sama persis dengan kaki kaki emmc. Gunakan timah cair untuk mengisi cetakan kaki dan bekukan dengan blower, dan jika sudah keras dan membentuk kaki berupa bola bola yang menempel pada kaki emmc. lepaskan cetakan dan emmc siap untuk di pasang pada motherboard.

4.Lalu pasang emmc yang sudah beraki pada moterboard jangan sampai salah posisi dan terbalik, tempelkan kaki kaki sesuai dengan jslur pada motherboard. Lalu panaskan kembali dengan blower sampai kaki berbentuk bola tadi menempel pada jalur motherboard. Hati hati, karena jika terlalu panas dapat menyebabkan emmc mati dan juga dapat merusak komponen di sekitar emmc. Karena kaki emmc ini berjumlah sangat banyak, kalian juga harus yakin bahwa semua kaki sudah terhubung dengan jalur motherboard, karena jika satu kaki saja tidak tehubung, saya pastikan pekerjaan kalian akan sia sia.

Nah itulah tadi penjelasan singkat tentang bagaimana cara mengganti emmc pada android. Saya yakin setelah mendengar penjelasan singkat saya di atas tadi, kalian akan mundur teratur dari niat kalian untuk melakukan penggantian emmc. Selain harga peralatan yang sangat mahal tingkat kesulitan lain adalah pada proses pelepasan dan pemasangan emmc yang harus di lakukan dengan extra hati hati, di tambah file dump firmware ini tidak mudah untuk di dapatkan. Hanya teknisi handphone yang sudah mempunyai jam terbang tinggi saja mungkin yang memiliki file ump emmc yang lengkap.

Penyebab IC EMMC android Rusak :
1. SDS (Sudden Death Syndrome)
2.Di Charger terlalu lama (lebih dari 3jam)
3.Di Oprek Custom yang tidak cocok dengan partisi aslinya
4.Ketika Hank/ Stuck di paksa cabut baterai
5.Dan lain sebagainya

Indikasi  IC EMMC telah Rusak / Corrupt :
1.Di Flashing Selalu Failed
2.Flashing jalan sebentar lalu Failed
3.Flashing atau reset/wipe sukses tapi data tetap tidak hilang
4.Dan lain sebagainya

Kemungkinan awal mula ic emmc mau rusak:
1.Terjadinya Sorry The process android acore has stopped unexpectedly
2.Muncul Unfortunately, Force Closes has stoped
3.Sering Unmount SD / internal tidak terbaca
4.Sering Hank/Stuck padahal aplikasi tidak banyak dan OS Official
5.Dan lain sebagainya

Catatan ; Saran dari kami  dari pada ganti IC Emmc yang harga perbaikannya terlalu mahal mending untuk membeli ponsel/smartphone yang  baru guna mengantisipasi kerusakan kembali.
Sumber artikel:Media internet